Jumat, 03 Desember 2010

Teh yang Menenangkan

Chamomile (Matricaria recutita)

Teh chamomile mengandung valerianic acid yang bisa membantu Anda meredakan tegang dan mengurangi masalah insomnia. Teh dari bunga chamomile bermanfaat menyembuhkan sakit perut, radang pada usus, dan sebagai penenang pikiran. Teh ringan dengan rasa yang halus ini mengandung minyak yang berfungsi merilekskan otot-otot halus di perut. Tiga cangkir teh sehari bisa meredakan gangguan pencernaan, gangguan usus, dan radang usus besar.

Selain itu, teh chamomile juga mengandung zat yang mampu mengatasi kejang otot, sehingga bisa menjadi pereda nyeri atau kram perut pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Jika diminum setiap hari, teh chamomile membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai virus termasuk influenza.

Bunga mungil berkelopak putih dengan bagian tengah kuning cerah ini dikeringkan lalu ditambahkan dalam seduhan teh. Aromanya yang mirip apel bisa membantu menenangkan perasaan. Pilihlah teh yang 100 persen terbuat dari bunga chamomile dengan aroma yang segar dan kuat. Gunakan satu sendok makan atau dua sendok makan bunga chamomile kering per cangkir teh air mendidih. Direkomendasikan untuk meminum secangkir teh chamomile setiap pagi tanpa sarapan selama 2 atau 3 bulan.

Lemon Balm (Melissa officinalis)

Daun ini sangat mirip dengan daun mint. Teh ini bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah dan nyeri otot. Herbal dengan aroma sitrus segar ini membantu meredakan ketegangan, kecemasan, dan kasus depresi ringan. Teh ini juga dapat membangkitkan semangat serta membantu Anda tidur lebih lelap dan segar saat bangun di pagi hari.Cobalah tenangkan diri Anda dengan ditemani secangkir teh sebelum tidur. Cara ini juga efektif mengundang kantuk. Pilihlah daun lemon balm yang segar atau kering dengan aroma lemon dan rasa mint yang kuat. Gunakan satu sendok makan daun per satu cangkir air mendidih dan minumlah saat diperlukan.

Passion flower

Herbal satu ini bersifat menenangkan. Bermanfaat untuk Anda yang mengalami gangguan tidur sehingga bisa membantu tidur nyenyak. Bunga, batang dan daun tanaman ini mengandung substansi yang terbukti berperan sebagai obat penenang ringan. Para pakar herbal menganjurkannya sebagai penanganan paling top untuk mengatasi insomnia. Gunakan satu sendok teh herbal kering per satu cangkir air panas.

Mengonsumsi teh passionflower sebelum waktu tidur bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Satu percobaan klinis menemukan kalau herbal ini bisa menurunkan tingkat kecemasan. Selain itu, passionflower juga diyakini mengandung antiperadangan dan penghilang rasa sakit, sehingga sangat bagus untuk migrain.

Peppermint (Mentha x piperita)

Baik dalam kondisi segar maupun kering, peppermint ampuh untuk membantu menghilangkan gangguan pencernaan. Zat dalam daun mint bisa membuang gas dalam perut serta mengurangi gejala mual dan muntah. Gunakan satu sendok makan daun mint (atau lebih sesuai selera) per satu cangkir air mendidih.

Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Daun yang juga bermanfaat sebagai bumbu masakan ala Eropa atau Mediteranian ini juga banyak dipakai untuk memberi cita rasa pada teh. Rosemary bisa menjaga pembuluh darah tetap baik sehingga aliran darah ke seluruh tubuh tetap lancar. Sebab itu, teh rosemary bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala.

Herbal beraroma ini dinyatakan bisa menghentikan sakit kepala yang berkaitan dengan stres. Rosemary menjaga agar pembuluh darah tetap lebar, sehingga mencegah sakit kepala akibat penyempitan pembuluh darah. Gunakan satu sendok teh rosemary kering per satu cangkir air mendidih.

Thyme (Thymus vulgaris)

Jika tenggorokan terasa gatal akibat gejala flu, redakan dengan secangkir teh thyme. Daun yang juga merupakan bumbu masakan ini bisa melegakan tenggorokan dan hidung serta mengatasi gatal yang tidak mengenakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar